In

Tips Sehat Dan Cantik Setelah Melahirkan

TIPS SEHAT DAN CANTIK SETELAH MELAHIRKAN

Setiap wanita yang habis melahirkan pasti mengalami perubahan bentuk tubuh. Karena saat mengandung kamu mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak.  Tentu saja itu membuat penampilan kamu tak seindah saat kamu belum melahirkan. Oleh karena itu kmu bisa mencoba tips sehat dan cantik setelah melahirkan dibawah ini yang dapat mengembalikan bentuk tubuh kamu yang indah seperti dulu.

Menyusui

Tips sehat dan cantik setelah melahirkan yang pertama yaitu dengan menyusui. Menyusui tidak hanya baik untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi kamu, namun juga baik untuk mengembalikan bentuk tubuh kamu. Karena saat kamu memberikan ASI eksklusif pada bayi kamu setelah melahirkan, maka sudah terjadi pengurangan timbunan lemak pada tubuh. Lemak yang disimpan akan dipergunakan untuk memproduksi ASI. Jadi kalau ibu menyusui, maka timbunan lemak di dalam tubuh akan hilang.

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga asupan makanan agar kebutuhan ASI untuk bayi terpenuhi. Namun kamu juga harus pintar dalam memilih makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Perhatikan nutrisi makanan yang akan kamu konsumsi, karena itu juga berpengaruh untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi kamu. Hindari makanan yang pedas, karena tidak baik untuk kondisi ASI kamu.
Konsumsilah sayur, seperti bayam, brokoli, sawi putih, sawi hijau, kacang panjang, wortel, kentang dan lain-lain. Buah segar, seperti apel, anggur, seruk, pisang, pepaya, alpukat sirsak dan lain-lain. Dan makanan bergizi lainnya.

Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Jangan berfikir satelah melahirkan kamu tidak boleh mengerjakan pekerjaan rumah, karenna ini sangat membantu kamu dalam mengembalikan bentuk tubuh kamu. Dengan melakukan pekerjaan rumah maka kamu akan banyak bergerak dan itu membuat lemak dalam tubuh kamu terbakar.
Kamu melakukan pekerjaan rumah yang ringan-ringan saja, misalnya mengepel, mencuci pakayan, mencuci piring, memasak, membersihkan dapur, menyapu dan pekerjaan rumah lainnya. Atur kegiatan agar lebih bervariasi seperti membesihkan dapur seminggu dua kali, mencuci baju setiap hari, mencuci piring dua kali sehari dan mengepel setiap hari. Atur semua kegiatan ini dengan cara membunyikan alarm untuk mengingatkanmu. Kalau kamu bisa menjalaninya dengan disiplin, maka pekerjaan rumah tangga ini bisa juga berfungsi membakar kalori di tubuhmu. 

Olahraga

Tips sehat dan cantik setelah melahirkan yang tak boleh kamu lewatkan adalah berolahraga. Untuk mengembalikan bentuk tubuh kamu, melakukan olaharaga normal sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak perubahan pada otot dibagian panggul ibu akibat mengejan saat melahirkan normal. Ibu bisa melakukan olahraga setelah melahirkan dengan berkonsultasi pada dokter yang merawat. Kamu bisa melakukan beberapa latihan olahraga ini.
  •  Berjalan-jalan di sekitar komplek rumah bersama dengan bayi.
  • Latihan pernafasan otot diagfragma dengan kontraksi pada perut bawah.
  •   Berbaring telentang dan mengangkat punggung bertumpu pada kepala.
  • Push up dengan bantuan kaki atau tangan untuk melatih otot perut.
  • Senam kegel dengan bantuan kursi sebagai sandaran.
  • Telentang dan mengangkat bagian kaki dan kepala bersamaan selama beberapa kali.
  • Latihan merentangkan kaki dengan gerakan bergantian selama beberapa detik.
  • Latihan angkat beban ringan sambil menunduk dan bersantai.


Memakai korset


Memakai korset setelah melahirkan dapat mengecilkan perut kamu yang bergelambir. Korset sendiri adalah sabuk kain yang mengikat perut agar perut mengecil. Korset biasa digunakan oleh ibu-ibu pedesaan, namuntidak ada salahnya kamu memakai cara ini.


Jangan Menggaruk Perut Dan Organ Kewanitaan

Biasanya setelah melahirkan pasti kamu akan berasa galat diperut dan di daerah kewanitaan. Hal ini wajar terjadi, pada proses penyembuhan luka. Tapi kamu jangan mencoba untuk menggaruknya, karena nantinya akan meninggalkan bekar-bekar bergaris. Untuk menghindari hal tersebut, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tidak menggaruk perut dan daerah kewanitaan kamu, kamu bisa menggunakan batu atau kulit kelapa yang dijemur kemudian tempelkan di daerah yang gatal.


Istirahat Yang Cukup

Setelah melahirkan biasanya kamu akan merasa sangat lelah, maka kamu butuh istirahat yang cukup. Rasa elah biasanya karena kurangnya istirahar saat kamu mengurus bayi yang baru lahir. Untuk menjaga kesehatan kamu, tidurlah yang cukup. Memang saat awal mengurus bayi kamu akan kerepotan mengambil wantu tidur, karena bayi yang sering menangis. Maka dari itu saat bayi kamu sedang tidur, ikutlah tidur bersama bayi kamu untuk mengembalikn energi kamu. Atau kamu bisa meminta tolong suami kamu untuk menjaga anak kamu saat kamu sedang tidur.



Related Articles

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus